Selamat Datang

Wednesday 29 June 2011

Menyenangkan Hati dan Berfikir Positif itu PENTING!


Rasulullah senantiasa berwajah ceria dan beliau pernah bersabda. "Janganlah terlalu membebani jiwamu dengan segala kesungguhan hati. Hiburlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu, sebab bila hati terus dipaksakan memikul beban-beban yang berat, ia akan menjadi buta."

Hadist yang sangat saya sukai. Memang terkadang kita suka sekali membuat hati kita melemah dengan selalu membebaninya. Contoh kecil saja, sebagai seorang anak kuliahan kalau banyak tugas dan laporan menumpuk pastilah selalu difikirkan dan membuat hati gundah gulana. Terkadang saat kita seperti itu tanpa kita sadari membuat diri kita sendiri dan tidak nyaman. Fikiran kemana-mana hati tak tenang. So, seneng nggak kita ngerasa kayak gitu tiap hari?? pasti nggak dong!
Nah! salah satu cara yang bisa membuat hati dan fikiran kita lebih baik adalah berusaha menyenangkan diri sendiri dan berfikir positif. Ok. Tugas boleh bejibun. Tapi tetep buat senyaman mungkin dengan tugas-tugas tersebut. Saya termasuk orang yang sangat santai. Ada ulangan santai. tugas banyak santai. Saya santai bukan berarti saya tidak memikirkan semuanya. Saya memikirkannya tapi saya bersikap tenang karena saya yakin kan diri saya bisa menghadapinya.
Saya sering melihat bagaimana teman-teman saya yang sibuk jika sudah ulangan. Sibuknya ini bukan apa, meriksa jawaban tadi bener or nggak. Nah, pas tahu ntar ada tuh jawaban yang nggak sesuai dan nggak pas pasti deh banyak yang uring-uringan trus sampe kefikiran sampe buat status sesedih dan semenderita mungkin di akun jejaring sosialnya. Sebenernya itu adalah penyiksaan terhadap diri sendiri. Iya dunk, kita sendiri yang mikirin kenapa nggak ngisi dan nggak ngejawab sesuai dengan yang udah dipelajari, trus nyesel berkepanjangan kenapa bisa lupa padahal udah belajar. Sebenernya sikap ini termasuk nggak bagus. Kenapa? itu tadi menyiksa hati dan fikiran kita sendiri.
Bisa dilihat penyesalan membuat hati kita nyat nyut nggak karuan, dari hati yang nyat nyut itu bikin kefikiran. dari kefikiran itu mulailah banyak fikiran-fikiran negatif yang muncul. Misalnya takut nanti nilainya jeblok. Kena marah ortu karena nilai jeblok. Malu sama temen-temen yang bisa dapat nilai bagus serta fikiran-fikiran negatif yang lainnya yang berdampak kitanya jadi uring-uringan.
Coba kalau kita berusaha berfikir positif dan nyenengin hati, Misalnya nih : Berusaha nenangin hati. Cuma satu dua ini soal yang salah kan ada juga beberapa yang bener. Lagian kan nanti kalau emang dapat nilai kecil bisa diperbaiki. Lagi pula kita udah berusaha kalau memang dapat nilai kecil yah nggak papalah. Rezky juga. Dari pada nggak dapat nilai sama sekali. atau berfikir gini : ya Rabb, hamba sudah berusaha semampu hamba untuk mengisi soal-soal itu. Hamba berserah diri pada-Mu atas semua hasilnya nanti.
Dijamin hati senang fikiran langsung tenang.
Banyak dampak positif yang terjadi dalam diri kita jika kita selalu menyenangkan hati dan berfikir positif. Hidup kita lebih tenang, kita juga dapat menjalani hari-hari kita lebih menyenangkan. So, temen-temen sekalian! Tetaplah berusaha berifkir positif dan menyenangkan hati OK! 
 




1 comment:

  1. keren lah kak... huhu pngen ngobrol ma kaka lgi :'(

    ReplyDelete