Selamat Datang

Tuesday 25 August 2015

Journal Day 5

Oke, ini jurnal untuk hari ke lima
Tepatnya di tanggal 24 Agustus 2015. Nggak apa ya kalo telat banget? Hehe
Harap dimaklum. 

Journal Day 5

Tanggal 24 Agustus,
Gue bangun subuh trus nulis postingan buat hari sebelumnya. Kalian udah pada baca kan?
Habis itu gue nyari sarapan, ya kayak biasalah gorengan doank. 
Seharian gue nggak banyak ngapa-ngapain. Tidur-tiduran, nonton daehan minguk manse, nonton drama. Gitu-gitu doank. 
Gue sama sekali nggak minat buat nulis. 
Gue rasa ya, gue mulai tertekan lagi soal nyari kerjaan dan harus punya kerja tetap. Nggak tau deh, kenapa tiba-tiba kefikiran. Pokoknya setelah gue ngehubungin si dia, keinginan gue untuk lepas itu kuat banget. Gue nggak mau lagi bergantung apapun ke dia. Apa-apa ngomongnya kedia. 
Ya, emang sih kebiasaan yang udah 4,5 tahun tuh susah banget di lepasin. 
Jujur aja, gue sebel sama diri gue sendiri. Dari sulu gue emang udah gue peringatin diri sendiri supaya nggak terlalu bergantung sama seseorang. Biar gue mudah lepasnya kalo sakit hati lagi. Sayangnya, peringatan itu gue abaikan. Jadilah kek gini sekarang. 
Dari dulu, gue emang udah nggak bilang apapun ke ortu kalo gue sakit, atau gue ada apa-apa. Kecuali kalo masalah besar banget baru deh gue bilang ke ortu. Nah, waktu masih sendiri gue ceritanya ke diary. Semenjak ada dia, apapun itu gue ceritanya ke dia. Sampai akhirnya ada kejadian kemarin. Gue pengen banget berhenti.
Jadi malemnya, gue putusin buat ngomong ke dia. Gue juga udah nggak tahan. Lama-lama perasaan gue makin kosong. Ntar kalo seminggu ini udah berlalu dan kita kembali berhubungan lagi, apa mungkin gue baik-baik aja dengan perasaan gue yang nggak ada apa-apa ke dia?
Nggak akan semudah itu, dan juga nggak akan kayak dulu lagi pasti. 
Ya, malemnya kita banyak ngomong. Tetep deh, debat ini itu. Ngomong sesuatu yang saling nyakitin. Yah, gue udah nebak masih nggak ada titik temu. Gue masih belom bisa percaya, dia nggak mau pergi. Nggak akan cocok. 
Ujung-ujungnya gue minta banget dia sepakat sama gue untuk, memperjelas hubungan gue sama dia. Setelah nunggu lama, akhirnya dia setuju karena itu kemauan gue, dan dia pengen gue bahagia. Karena dia sadar, ngeliat gue yang tanpa dia, gue lebih bahagia, lebih bebas, lebih ngikutin kemauan gue sendiri. 
Sayangnya, ngeliat dia sakit gitu kok gue sendiri sedih ya? 
Ada apa dengan perasaan hati gue yang tiba-tiba ngerasa kalo gue peduli loh sama orang ini. Cuma gue nggak bisa menaruh rasa aja sama dia. 
Kalo lo disuruh milih, mana yang lo pilih :

1. Mencintai orang yang lo cintai, tapi dia nggak peduli sama lo.

2. Peduli sama orang yang mencintai lo sepenuh hati.

Gue pilih nomor 2.

Kenapa? Menyia-nyiakan pemberian orang lain itu nggak baik. Apalagi kalo pemberian itu adalah bentuk kasih sayang. Itu artinya kita lebih berharga buat dia. Dan jadi berharga buat orang lain itu lebih baik dari pada mempertahankan orang yang nggak ngerhagain kita. Ngapain buang-buang waktu buat mengejar-ngerjar orang yang nggak ngehargain kita? Sakit hati iya. 

Nah, gue nggak mau jahat-jahat banget kan. Iya, emang gue nggak punya perasaan lagi. Tapi kayaknya Tuhan itu udah ngebalikin posisi. Dimana sekarang dia yang harus ngejaga apa yang buat dia itu berharga. Gue nggak mau banyak berharap apa lagi mau percaya dia bakal lebih peka untuk kedepannya. Tapi yang pasti, kita temen. 

Iya, temenan aja. Kan udah jelas dia mutusin apa semalem. 

Gue tetep disamping dia sebagai temen dan gue tetep peduli dengan dia. Dia tetep dengan dirinya sendiri selalu ngejaga gue untuk masa depannya? Tetep adil kan? 

Gue udah bilang loh, gue belum tentu punya perasaan yang sama ke dia. Gue bisa aja peduli dan sayang, tapi gue nggak percaya sama dia. Dan gue berharap dia nggak banyak mengumbar apapun ke gue, karena percuma. Gue nggak akan percaya. Berhenti ngucapin kata-kata yang berbau janji. Dan gue udah peringati dia juga, gue mau bebas, nggak mau dikekang dan nggak suka di atur-atur. Dia setuju selama itu buat gue bahagia. 

Gue bahagia, banget! Sekarang gue bebas ngelakuin apa yang gue mau. Gue nggak terikat oleh hubungan yang sebenernya nggak jelas. Lo kira pacaran itu hubungan jelas? Nggak jelas tau! 
Nikah tuh, baru jelas hubunganya. Suami-istri. Halal. 

Sekarang perasaan gue lebih baik. Gue seneng karena gue nggak perlu ngerasain sakit hati, menanti yang nggak terjadi, terikat sama janji-janji yang nggak pasti. Dia kan udah ngelepasin hubungan nggak jelas itu, ya kapan waktu dia mau bangun hubungan baru sama gue, ya gue nggak tau nanti jawaban gue kayak gimana. Tergantung hubungan apa dulu. Kalo pacaran lagi? Big NO!

Dan, kalo pada akhirnya dia merasa untuk menyerah ngejalanin semuanya. Ya silakan. Gue juga kan nggak bisa nentang apa-apa. Toh perasaan punya dia. Gue nggak bisa ngatur perasaan seseorang. Seperti gue nggak bisa ngatur perasaan gue sendiri. Gue bisa nerima segala ucapan kasih sayang dia, tapi gue cuma bisa balesnya dengan kata 'terimakasih'. Itu aja udah cukup. 

Mau lebih? Mau gue jawab lebih dari sekedar terimakasih? Kerumah gih, lamar! 

Gue emang nggak punya perasaan sekarang, tapi kalo udah jadi suami, nggak boleh deh kayaknya gue tetep bertanan sama isi kepala gue. Ini suami loh ya, S-U-A-M-I. 
Cuma apa iya, gue bakal jodoh sama dia? Kan nggak tahu. Ya, liat nantilah. Gue harap sih gue bersuamikan orang yang gue cintai dan jadi imam yang baik dan bertanggungjawab. Gue nggak muluk-muluk lah. Akhlak itu paling utama, yang lainnya itu nomor selanjutnya. 

Rezeki itu pasti dikasih, kerja bisa dicari kalo mau, rupa bisa ditipu. Ahlak mulia itu yang penting dan susah dicari. 

Ngomong-ngomong, mau imam berakhlak baik, guenya udah baik belom ya? 
*buru-buru bebenah diri!

No comments:

Post a Comment